Sumber artikel dari : http://bismartmusik.blogspot.com/

7 Chord Pendamping Chord Dasar C

7 Chord pendamping Chord C

 Hi, teman teman bagi kita yang baru mulai belajar piano atau keyboard biasanya saran chord yang biasa di ajukan kepada kita adalah Chord C. Itu dikarenakan Chord C adalah chord yang mudah dipelajari dan tidak lah rumit untuk mengerti letak chord chord pendampingnya. Karena baik chord dan tangga nadanya semuahnya menggunakan tombol warna putih. Berbeda dengan tombol warna hitam yang adalah dominasi tangga nada Chord Fis atau F#, chord C lebih mendapatkan perhatian untuk mulai belajar. Tapi ada juga yang langsung belajar keyboard atau piano dengan memulai dari Chord G atau F itu dikarenakan Chord F dan G kebanyakan menggunakan tombol berwarna putih, dan hanya 1 tombol yang berwarna Hitam. 
Tapi dalam postingan saya ini, saya menganjurkan anda untuk mulai belajar dari chord nada C. Dan mengenalai bentuk bentuk dari chord C.

Baiklah, kita langsung ke inti materi kita tentang 7 Chord pendamping Chord C.

Dalam setiap Chord Dasar memiliki minimal 7 Chord yang mendampingi Chord Dasar Tersebut. Namun sebenarnya struktur Chord dalam permain piano atau keyboard terdiri dari 12 Keluarga Chord yang bisa mendampingi Setiap Chord dasar dalam kita memainkan sebuah lagu

Contoh kita memilih Chord Dasar C, maka 7 Struktur Chord nya adalah sebagai berikut,


C=1, Dm=2, Em=3, F=4, G=5, Am=6, Bdim=7

Contoh Gambar Chord 




Gambar diatas adalah 3 contoh dari 7 chrod pendamping yang harus kita(pemula) miliki.
Selengkapnya tentang 7 Chord Pendamping Chord  Chord F, G Am, dan Bdim silahkan anda simak video berikut ini..



Nah itulah chord chord yang harus kita (pemula) miliki dalam kita mulai balajar Chord Piano dan keyboard.

Dalam beberapa lagu menggunakan nada nada yang melenceng dari 7 nada tersebut, namun termasuk dalam Keluarga Chord tersebut. 
Contoh jika dalam lagu ada chord nada E, dimana chord E Mayor tidak ada dalam struktur diatas dan yang ada hanya Eminor, maka kita harus mengimproviisasi chord kita dalam keluarga chord E. Setiap Keluarga Chord itu memiliki banyak penjabaran misalnya dalam keluarga Chord E itu ada Mayor, minor, diminished, augmented, minor 7 mayor 7, nada ke 7, ke 9, ke 11, ke 13, dan masih banyak lagi penjabarannya. Kita bisa berimprovisasi dengan chord chord tersebut.

Intinya bagi kita pemula silahkan kuasai 7 Chord pendamping lebih dulu, dan coba praktekan dalam sebuah lagu. jika kita menadapatkan kesulitan dalam belajar tentang 7 chord diatas silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar.

Sekian dari kami jika ada pertanyaan silahkan komentar, mudah mudahan ini bisa membantu teman teman dalam belajar bermusik piano dan keyboard. Semoga Bermanfaat


0 komentar:

Komentar

Bismart Facebook

Jika Blog ini Bermanfaat bagi anda, Mohon Bantu Kami memajukan Blog ini dengan Klik
atau
ke teman-teman anda. Terimakasih

Komentar Facebook