Sumber artikel dari : http://bismartmusik.blogspot.com/

Jembatan Chord, Bridge Chord | Pemula | Belajar Piano Keyboard

Belajar Jembatan chord atau Bridge Chord untuk pemula


Suatu ketika saya pulang kekampung istri saya, kebetulan ada acara Syukuran dan kami di jamu tuan rumah yang gemar bernyanyi. Setelah jamuan tersebut sang tuan yang tahu bahwa saya memiliki hobbi dalam bermain musik, dia meminta saya untuk memainkan sebuah lagu untuk mereka. Namun oleh karena makan belum sepenuhnya di cerna, saya menganjurkan teman saya untuk lebih dulu memainkan sebuah lagu.
Singkat cerita temen saya ini memainkan musik dengan sangat bagus, hanya dengan sedikit improvisasi, namun diperkaya dengan chord yang indah. Sehingga semua orang bertepuk tangan karena terharu dengan keharmonisan musiknya.

Sekarang jadi pertanyaan apa sih yang membuat orang orang itu mengelukan dia??
Apa yang di mainkan sehingga mereka sebegitunya ke dia?

Chord chord yang temen saya mainkan itu adalah chord yang sudah familiar di kalang pemain musik, namun yang memperindah musiknya, bukan hanya terletak pada melodinya, bukan juga hanya pada chord lagunya, namun juga bagaimana di menempatkan chord chord lain yang tidak didengar sebelumnya karena memang tidak seperti musik aslinya. Dia juga mengubah beberapa chord yang semestinya dengan chord yang lebih pas di telinga pendengarnya. 

Setelah dia selesai dengan permainannya saya menghampirinya dan tanya padanya "emangnya mereka nda pernah mendengar chord chord penghubung dan melodi scale penghubung sebelumnya?", teman saya hanya mengangkat pundaknya tanda tidak tahu sambil wajah keherenan, dan bilang "kita harus taruh materi Jembatan Chord di Postingan".

Dari kisah diatas saya menyimpulkan bahwa Bridge Chord atau Chord Penghubung yang di mainkan teman saya itu ternyata sangat berdampak positif ditelinga pendengar dibandingkan jika hanya bermain datar saja dengan mengikuti chord standar..

Kadang kita harus keluar dari zona aman dalam bermain musik dan sedikit berimprovisasi keluar dari chord aslinya. Ini akan melatih kemampuan kita dalam menganalisa chord dalam bermain musik. 
Postingan ini saya bagikan bagi mereka yang baru memulai belajar Piano atau belajar Keyboard 


Kali ini saya akan membagi kepada teman teman Chord Chord yang teman saya mainkan diatas, sehingga bisa memperindah lagu yang di nyanyikan.

Chord Jembatan yang biasa dimainkan di chord C.
1. C# dim 
2. D# dim
3. E dim7
4. F# dim
5. F sus2
6. G sus2
5. G aug7
6. G minor 7
7. G sus4
8. C sus2
9. C sus4
10. E sus4
11. G#dim
12. Bes
13. A7sus4
14. Gdim7.. Dll



gambar diatas adalah contoh chord dari video yang kami bagikan di akhir postingan ini


Chord chord diatas biasa dimainkan sebagai chord jembatan, bisa juga sebagai chord pengganti chord asli, misalkan progression chord dari 

E m- A -  Dm bisa diganti dengan     Em - Gdim7 - Dm7 ( Aminor diganti dengan Gdim7 )

G - C bisa diganti dengan Gsus4 - G - Gaug7 - C

C - Dm bisa diganti dengan C - C#dim7 - Dm 

C- Dm bisa diganti dengan C - Gdim7 - Dm

C - Am bisa diganti dengan C - Caug7 - Am

C - Am bisa diganti dengan C - E7- Am

C - F bisa diganti dengan C  - Em7 - F

C - F bisa diganti dengan C - Edim7 -F

dan lain lain.

Kita bisa mulai belajar mengganti nada nada atau menyisipkan chord jembatan di atas sebelum pindah chord tujuan. intinya kita harus benar benar tahu apa bunyi dari chord yang kita tekan dan sesuaikan dengan melodi yang sedang berjalan.



Ini adalah video contoh bridge chord yang sudah kami buat. Semoga Bermanfaat.



Di video ini membahas bagaimana cara belajar piano atau cara belajar keyboard dengan menggunakan chord jembatan (bridge chord) yang berfungsi sebagai chord perantara atau penghubung antara Chord Awal dan chord Tujuan..

0 komentar:

Komentar

Bismart Facebook

Jika Blog ini Bermanfaat bagi anda, Mohon Bantu Kami memajukan Blog ini dengan Klik
atau
ke teman-teman anda. Terimakasih

Komentar Facebook