Sumber artikel dari : http://bismartmusik.blogspot.com/

Cara mengembangkan bakat musik Anak

Tumbuh kembang Bakat Musik Anak

Anak-anak bagaikan kertas kosong yang belum ditulis. kita sebagai orang tua mempunyai peran
tumbuh kembang bakat musik anak
tanggung jawab yang sangat penting terhadap tumbuh kembang anak. Mau jadi apa anak kita nanti, itu di tentukan dari Orang tua. Karena sperti pepatah mengatakan bahwa "Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya", demikian juga anak-anak akan mewarisi apa yang ada pada orang tua. Sifat, Kebiasaan, Pendidikan, emosional, dan Musik juga itu tercipta dari apa yang dia Lihat, Dengar dan Rasakan di lingkungan terdekatnya, yaitu Keluarga.

Kita semua tahu tentang perkembangan Musik anak ditentukan dari Hubungan Sosialnya yang terjadi setiap hari. Ada 3 hal yang mempengaruhi anak dalam Perkembangannya :

1. Keluarga
Keluarga adalah rumah bagi setiap anak yang sedang bertumbuh. Sebagai organisasi terkecil yang mempunyai peranan penting bagi Kemajuan Bangsa. Sejak dia lahir dia mulai belajar tentang segala hal di dunia ini, melalui Keluarga. Melihat, meraba, mencium, merasakan, mendengar, semua itu di pelajarinya di keluarga. Kebiasaan dalam keluarga akan menciptakan kebiasaan juga bagi anak. Orang tua atau orang terdekat dari anak, adalah Mentor utama dalam tumbuh kembang Anak.
Jika kita ingin membuat anak bertumbuh dalam bidang Musik, ingin dia memiliki Bakat musik, TUGAS ORANG TUA ADALAH MEMBIASAKAN MUSIK DI LINGKUNGAN KELUARGANYA.
Entahkah mendengar musik, memainkan alat musik, menyanyikan lagu, dan hal hal lain yang berkaitan dengan Musik, semuanya itu adalah langkah Awal yang baik untuk membiasakan anak dalam manggali bakat musik anak. "Anak seperti kertas kosong yang siap ditulis oleh penulisnya yaitu Keluarga"

2.  Lingkungan Pendidikan
Lingkungan Pendidikan, baik secara formal maupun nonformal, atau jenis kursus les pengembangan bakat musik anak, menjadi hal penting yang mempengaruhi anak dalam Tumbuh kembang Bakat Musiknya. Membiasakan anak bersosialisasi dan mengukuti pendidikan secara disiplin dan teratur terbukti ampuh dalam membentuk bakat musik anak. Dengan disiplin yang diterapkan keluarga dalam pendidikan tambahan seperti Les Musik, Matematika, Bahasa Inggris atau pelajaran lain, membuat anak semakin peka terhadap apa yang dipelajarinya. Misalkan dia belajar alat musik piano, disetiap jadwal latihannya dia belajar, anak mulai belajar melatih fungsional Otak dalam memproduksi bakat Musiknya. Terbukti jika anak melakukan latihan Fungsional Otak Musik anak 30 menit setiap hari lewat latihan alat musik, maka Jaringan Otak yang terhubung dalam panca indera sensorik akan menjadikan anak itu Berbakat dalam Musik.
 Oleh karena itu semua sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA, mulai gencar menerapkan Mata Pelajaran Tambahan yaitu Pengembangan Bakat, dimana dalam mata pelajaran ini, anak anak di perkenankan untuk memilih 1 Hal yang paling dia sukai, Misalkan, Bernyanyi, Melukis, Bermain alat musik. Dengan kesadaran bahwa Pembinaan bakat dapat meningkatkan Kualitas Tumbuh kembang anak, maka Sekolah-sekolah memberikan Mata pelajaran ini menjadi matapelajaran yang harus diikuti.
Dengan membiasakan anak dalam bermusik dan mendafatarkan anak dalam program les atau pengembangan Bakat Musik, adalah merupakan langkah Jitu Mengembangkan Bakat Musik Anak.
3. Pergaulan Lingkungan
Pergaulan lingkungan anak adalah hal yang penting dalam Tumbuh kembang bakat Musik Anak. Saya pernah membaca "Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik". Ini menjadi Pokok perhatian dari Orangtua, bahwa orang tua harus mengawasi anak2 mereka dalam bergaul dengan teman2. Kebiasaan buruk dari teman-teman dapat berpengaruh buruk bagi Tumbuh kembang Bakat anak. Apalagi jika di berteman dengan Teman-teman yang suka dengan perkelahian, Maniak Games (suka terhadap game secara tak wajar), Pergaulan musik dengan Anak2 band yang nakal, semua itu dapat menjadikan Kebiasaan Baik anak anda menjadi buruk. Perlu sekali dilakukan pembinaan secara Intensif dan pemahaman terhadap siapa, dimana, bagaimana dia harus memilih kawan.
 Biarkan anak bergaul dengan teman-teman yang baik, tetapi tetap dalam Koridor Pengawasan Orang tua. Biasakan anak bermain musik dengan teman-teman yang memiliki kebiasaan yang baik pula. INGAT "KEBIASAAN YANG BURUK DALAM BERGAUL MERUSAK KEBIASAAN BAIK ANAK ANDA"

Mungkin ini yang dapat saya bagikan kepada anda, biarlah ini menjadi buah pemikiran anda untuk membuat anak lebih berkualitas
Terimakasih buat teman-teman orang tua murid yang sudah Berbagi pengalaman dalam mendidik anak. terimakasih buat Kak Dian Fahira bersama team dalam waktunya memberikan "Seminar Tumbuh kembang bakat musik anak".

Lihat Video berikut ini, Tanpa disadari anak selalu melihat, mendengar, mengikuti, memperhatikan dan mencoba melakuan Apa yang dilakukan ORANG TUA.

Mereka Melihat, Mereka Melakukan



1 komentar:

Bismart Facebook

Jika Blog ini Bermanfaat bagi anda, Mohon Bantu Kami memajukan Blog ini dengan Klik
atau
ke teman-teman anda. Terimakasih

Komentar Facebook