Sumber artikel dari : http://bismartmusik.blogspot.com/

Belajar Keyboard step #1 - Belajar Posisi Chord dan Teknik Tangan Kanan

Hi Teman teman, jumpa lagi bersama kami yang akan membagikan bagaimana Belajar Keyboard. Kami sedang menyusun beberapa materi secara bertahap, yang akan membahas tentang langkah demi langkah berlajar alat musik keyboard. Dan pada kesempatan ini kami menyajikan Step #1 atau langkah #1 tentang belajar Keyboard.



Pada Belajar Keyboard step #1 ini kita akan belajar bagaimana mencari posisi, lokasi, kedudukan chord chord yang dimainkan pada Chord C untuk tangan kiri, dan bagaimana belajar teknik teknik untuk tangan kanan.

Belajar Keyboard step #1 ini sangat penting bagi kita untuk pelajari karena ini adalah awal bagaimana kita mulai menentukan posisi chord chord pendukung atau pendamping Chord C. Atau lebih dikenal dengan Struktur Chord-chord C.

Sebelum melakukan latihan inti kita harus melatih jari jari kita melakukan pemanasan terlebih dahulu, dengan melakukan senam jari piano keyboard 1. Karena senam jari akan melatih jari jemari kita untuk semakin kuat dan cepat dalam melakukan perpindahan jari.

Senam jari 1 C-D-E-F-G (do-re-mi-fa-so). Selengkapnya tentang Senam Jari #1..






















Gambar diatas adalah contoh senam jari C-D-E-F-G dari materi Senam Jari #1

Selanjutnya jika teman teman sudah melakukan pemanasan dengan senam jari #1 selama 10 - 15 menit, kita akan lanjut ke mater inti dimana kita akan belajar posisi chord untuk tangan kiri dan teknik bermain keyboard dasar untuk tangan kanan.

Perlu teman teman ketahui bahwa dalam bermain keyboard, kedua tangan kita Kiri dan Kanan masing masing memiliki peranan yang berbeda.

  1. Tangan Kiri, bertugas sebagai tangan yang akan menekan chord yang akan dimainkan oleh operasi sistem keyboard dan kemudian mengeluarkan musik yang sesuai dengan chord yang kita tekan.
  2. Tangan Kanan, bertugas sebagai pelaku improvisasi, pengiring melodi, pengiring chord dll. tangan kanan memiliki fungsi yang banyak dan juga berperan penting dalam memperindah musik yang dimainkan.
Oke kita langsung ke inti materi kita untuk tangan kiri

Perlu kita ketahui bahwa dalam bermain keyboard untuk tangan kiri semua chord yang kita tekan haruslah dekat dengan chord dasar dari chord yang kita mainkan. 
Sebagai contoh kita main dalam chord dasar C=1, kemudian ada banyak chord yang mendampingi chord C diantaranya, D minor, E minor, F mayor, G mayor, A minor, B dim, dll.

Semua chord diatas akan ditekan oleh tangan kiri dan syarat utamanya Adalah "POSISI CHORD TERSEBUT DIATAS TIDAK BOLEH JAUH DARI CHORD DASAR YAITU CHORD C"
Artinya kita harus mencari letak posisi chord chord tersebut yang dekat dengan Chord Dasar dalam hal ini kita bicara Chord Dasar C=1.

Untuk lebih memahami yang saya maksudkan, silahkan teman teman simak video yang saya buat dibawah ini, juga termasuk bagaimana cara kita melakukan teknik teknik dasar untuk tangan kanan Arpeggio dan Harmoni.


Jika teman teman punya pertanyaan silahkan koment dibawah ini.
Sekin dari kami. Semoga Bermanfaat.


0 komentar:

Komentar

Bismart Facebook

Jika Blog ini Bermanfaat bagi anda, Mohon Bantu Kami memajukan Blog ini dengan Klik
atau
ke teman-teman anda. Terimakasih

Komentar Facebook